BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

BaKTI Berbagi Bahagia

AttachmentSize
BaKTI Berbagi Bahagia1.57 MB

BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) adalah sebuah lembaga yang berfokus pada pertukaran pengetahuan tentang program-program pembangunan di kawasan timur Indonesia. BaKTI menggunakan 3 pendekatan dalam menjalankan peran sebagai pengelola pengetahuan: 1) Mengelola jejaring pertukaran pengetahuan atau Knowledge Sharing Network; 2) Mengelola media pertukaran pengetahuan atau Knowledge Sharing Media; dan 3) Mengelola pertemuan pertukaran pengetahuan atau Knowledge Sharing Event.

Di usianya yang ke-13 pada tahun 2017 ini, BaKTI yang memiliki Visi “Meningkatnya Efektivitas Pembangunan di KTI” tetap memperoleh kepercayaan dari berbagai Mitra di dalam maupun dari luar negeri. Sejumlah program untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Kawasan Timur Indonesia dikelolanya yang mampu menyerap sumber daya manusia dari berbagai latar belakang pendidikan, suku dan agama. Dengan sumber daya manusia yang beragam tersebut, BaKTI mampu menjadi rumah bagi pembelajaran ke-bhinnekaan, dan bergerak bersama dalam semangat toleransi.

Salah satu tradisi baik untuk  merawat ke-bhinneka tersebut, BaKTI menggelar kegiatan tahunan berupa “Family Gathering”, di mana seluruh Staf beserta keluarganya bertemu, berkenalan, bercengkrama, dan saling berbagi kegembiraan melalui aneka lomba yang diadakan.

Baru-baru ini (1/10), bertempat di salah satu objek wisata di kota Makassar, tepatnya di Bugis Waterpark Adventure, BaKTI kembali menggelar Family Gathering yang melibatkan seluruh staf beserta keluarganya dengan mengambil tema “Berbagi Bahagia”.

Menurut Direktur Eksekutif BaKTI, Muhammad Yusran Laitupa, kegiatan Family Gathering adalah cara BaKTI membangun kebersamaan di antara staf dan keluarga, dan untuk menyegarkan semangat kerja para staf, serta tentunya untuk berbagi kebahagiaan.

 

Pembentukan Panitia

Dalam rangka mempersiapkan pagelaran Family Gathering, Pimpinan BaKTI membentuk kepanitiaan yang mengakomodir perwakilan staf dari berbagai program. Pada tahun ini, saya (Rahman Ramlan) terpilih sebagai Ketua Panitia. Untuk melengkapi struktur kepanitiaan, saya meminta rekomendasi nama-nama dari masing-masing perwakilan program untuk mengisi post Bendahara, Seksi Acara, Seksi Konsumsi, Seksi Perlengkapan, Seksi Transportasi, dan Seksi Publikasi dan Dokumentasi.

Setelah struktur kepanitiaan terbentuk, mulailah dilakukan persiapan untuk menentukan waktu dan tempat Pelaksanaan, juga kebutuhan akan perlengkapan, serta tentunya rundown acara yang menjadi panduan.

Setelah melakukan survey di beberapa tempat dan memperimbangkan berbagai hal, akhirnya dalam waktu singkat, segala persiapan berhasil dimatangkan. Terpilihlah Bugis Waterpark Adventure yang terletak di Bugit Baruga, Antang, kota Makassar sebagai lokasi pelaksanaan. Lokasi ini merupakan salah satu ikon wisata yang banyak diminati warga karena memiliki wahana permainan air yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

 

Rangkaian Acara

Acara Family Gathering BaKTI berlangsung dengan lancar. Cuaca yang cerah sangat mendukung rangkaian acara berlangsung tanpa hambatan. Sebelum jam 9 pagi, seluruh peserta telah berkumpul di pintu masuk. Sementara Panitia telah tiba sebelumnya untuk mematangkan persiapan.

1. Registrasi

Registrasi dilakukan untuk mendata kembali peserta yang hadir, sehingga dapat dipastikan jumlah yang hadir. Setelah dilakukan registrasi dan pembagian tiket, para peserta secara berurutan memasuki pintu utama dan menuju lokasi Family Ghatering di area utama di depan food court. Area utama ini telah dipesan khusus untuk BaKTI.

  

Keterangan foto : Registrasi Peserta

2. Acara Pembukaan

Pembukaan dimulai dengan Laporan panitia pelaksana yang diwakili oleh Ketua Panitia, Abd Rahman Ramlan. Dalam laporannya, RaRa (panggilan akrabnya) menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan BaKTI yang telah mempercayakan kepada Panitia untuk menyelenggarakan Family Gathering di Bugis Waterpark. Dalam data Panitia, sebanyak 119 orang yang siap hadir terdiri dari Staf BaKTI bersama keluarga. Untuk menyemerakaan acara, Panitia telah menyiapkan sejumlah acara seperti games, lomba-lomba untuk anak-anak, dewasa dan pasangan. Berbagai hadiah menarik juga telah disiapkan bagi pemenang lomba, dan door prize untuk seluruh staf BaKTI. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada para sponsor yang mendukung acara, seperti : Bank Mandiri, Hotel Aston, Hotel Santika, Dewi Wisata, Percetakan Bintang, HND Computer, Visual Art, dan Toko Victoria.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI, Muh Yusran Laitupa dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi kepada Panitia yang telah bekerja keras mewujudkan kegiatan ini. Disampaikan juga terima kasih kepada seluruh staf yang telah hadir bersama keluarga tercinta. "Semoga moment ini membuat kita semua berbahagia," harapnya.

   

Keterangan foto : Laporan Panitia oleh Abd Rahman Ramlan & Sambutan Direktur BaKTI, Muh Yusran Laitupa

 

3. Sesi Perkenalan Staf Baru

Pada sesi ini, staf baru BaKTI diminta memperkenalkan diri beserta keluarga yang mendampinginya.

 

 

4. Sesi Warming Up - Pemanasan dengan senam ringan

 

 

5. Sesi Games :

1) Lomba untuk anak-anak, Estafet memindahkan air

 

2) Lomba untuk anak-anak, menembak gelas plastik dengan pistol air

 

 

3) Lomba Dewasa (Kelompok) : Memindahkan tepung dan Balon berisi air

  

 

 

4) Lomba Pasangan : Tali Ciinta

 

 

6. Sesi Penyerahan Hadiah

 

Keterangan Foto : Juara Games Kelompok

 

Keterangan Foto : Juara pasangan Tali Cinta dan Happy Family

 

Keterangan : Juara Best Dress dan Best Upload Foto

Keterangan : Juara Lomba anak-anak dan Penarikan undian Door Prize

 

Penutup

Demikianlah seluruh rangkaian acara Family Gathering BaKTI Berbagi Bahagia tahun 2017.

 

Terima kasih kepada Pimpinan BaKTI, seluruh Staf beserta keluarga, dan dukungan sponsor, serta kerjasama yang baik dari Panitia Pelaksana. Semoga menjadi membuat kita semua bisa saling membahagiakan.

 

 

Related-Area: 
field_vote: 
No votes yet