BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Ambon Makin Dipercaya Dunia Internasional

Lomba Perahu Layar
Ambon Makin Dipercaya Dunia Internasional

AMBON, KOMPAS — Sebanyak 24 perahu layar berpartisipasi dalam kejuaraan Darwin- Ambon Yacht Race and Rally 2014. Semua kapal yang mulai adu kecepatan dari kota Darwin, Australia, Sabtu (23/8), satu per satu tiba di pesisir Pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, hingga Kamis (28/8) dini hari.

”Jumlah peserta tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, kemudian negara yang berpartisipasi juga semakin meningkat. Ini karena kepercayaan dunia luar bahwa Maluku, khususnya Ambon, bukan lagi sebagai daerah yang berbahaya untuk dikunjungi seperti belasan tahun silam,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy seusai acara penerimaan peserta di Taman Pattimura, Ambon, Kamis.

Tahun sebelumnya peserta lomba ini 19 perahu dan pesertanya hanya dari Australia. Kini peserta ada juga yang dari Selandia Baru, Italia, Belanda, dan Singapura.

Richard mengatakan, tujuan perlombaan itu untuk mempererat jalinan relasi antara Ambon dan Darwin yang dirintis sejak 1976. Tahun ini merupakan tahun ke-30. Darwin-Ambon Yacht Race and Rally sempat terhenti beberapa tahun ketika konflik sosial bernuansa agama terjadi di Maluku belasan tahun silam.

Karena itu, Richard berharap masyarakat Ambon terus memupuk kerukunan yang sudah terjalin dengan baik setelah konflik agar kepercayaan masyarakat internasional terhadap daerah tidak hilang. Dengan begitu, cita- cita Ambon menjadi tujuan wisata dunia akan tercapai.

Mark Clancy (50), peserta lomba, mengatakan, ia tidak mengejar juara dalam mengikuti kejuaraan ini. ”Kami ingin mengenal Ambon,” ujarnya. (FRN)




Sumber: http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000008573550

Related-Area: