BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Bappenas dan IASA Kembangkan Sekolah Pola Asrama di Papua dan Papua Barat

Bappenas dan IASA Kembangkan Sekolah Pola Asrama di Papua dan Papua Barat
Kompas.com - 08/02/2018, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian PPN/ Bappenas menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam upaya percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat.

Salah satunya yakni pengembangan pelayanan dasar sekolah berpola asrama dan pelayanan kesehatan jarak jauh (telemedicine) di Papua dan Papua Barat.

Kerja sama dengan sejumlah pihak ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Inpres No. 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pihak yang diajak bekerja sama yakni Indonesia American Society of Academics (IASA), yaitu para akademisi diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS).

IASA memiliki perhatian dan dedikasi untuk turut serta membangun Papua dan Papua Barat sesuai dengan bidang yang ditekuni oleh para akademisi Indonesia di Amerika Serikat.

Untuk mewujudkan kerja sama ini, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian PPN/Bappenas dengan IASA untuk Mendukung Percepatan Pembangunan di Wilayah Papua, pada Rabu (7/2/2018).

Menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro, diharapkan kerja sama ini dapat mendukung percepatan peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan bagi anak usia sekolah, dan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Fokus kerj asama ini adalah pengembangan pelayanan dasar sekolah berpola asrama dan pelayanan kesehatan jarak jauh (telemedicine) di Papua dan Papua Barat," kata Bambang melalui siaran pers.

 

Menteri Bambang meyakini bahwa pengembangan sekolah berpola asrama dan telemedicine adalah merupakan salah satu inovasi penting dalam pencapaian tujuan kerja sama ini.

Sekolah berpola asrama merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan angka partisipasi sekolah.

Kondisi geografis yang relatif sulit menyebabkan banyak siswa sekolah yang harus menempuh perjalanan jauh untuk sekolah.

Lokasi kampung-kampung yang tersebar di berbagai wilayah mengakibatkan pembangunan pendidikan sulit untuk dilaksanakan.

Begitu pun halnya dengan telemedicine merupakan satu terobosan bagi pelayanan kesehatan yang terkendala karena kondisi geografis yang sulit.

Telemedicine didisain tidak hanya untuk memberikan pelayanan kesehatan, namun juga sebagai suatu platform pendidikan dan riset.

Sumber: http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/08/080000626/bappenas-dan-iasa-kembangkan-sekolah-pola-asrama-di-papua-dan-papua-barat

Related-Area: 
Tag Referensi: