BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Call for Proposals Beasiswa Liputan “Better Journalism for Better Accountability”

Call for Proposals Beasiswa Liputan “Better Journalism for Better Accountability”

 

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dengan dukungan USAID CEGAH, membuka peluang bagi jurnalis media online, cetak, televisi, radio mengajukan beasiswa peliputan mendalam (indepth) atau investigasi berbasis data.

Tema: Akuntabilitas

Syarat Umum

Beasiswa ini dapat diikuti jurnalis tetap/ freelance dari media online, cetak, televisi, dan radio, secara perseorangan atau tim yang berasal dari satu media, atau kolaborasi dengan media lain atau NGO yang relevan. Tim/ perseorangan jurnalis dapat mengusulkan ide liputan dengan ketentuan:

Ide yang diusulkan orisinal.
Melibatkan narasumber yang kredibel serta data yang teruji akurasinya.
Bersedia membuat karya jurnalistik mendalam (indepth)/ investigasi berbasis data dengan teknik storytelling yang menarik perhatian, dinamis, logis dan dekat dengan kepentingan publik.
Mematuhi Kode Etik Jurnalistik selama dalam proses peliputan, penulisan, dan publikasi karya.
Mendapat dukungan dari media masing-masing untuk mempublikasikan karya jurnalistik yang dihasilkan dengan mengirimkan surat dukungan dari penanggung jawab redaksi masing-masing.
 

Syarat Khusus

 

Mengirimkan ide liputan yang tajam dari salah satu isu seperti: kesehatan, pendidikan, infrastruktur, lingkungan dll.
Ide liputan dapat bersumber dari pengamatan pribadi atau memperdalam Newsletter Independen.id yang terbit setiap bulan, berdasarkan kondisi di lokal masing-masing
Bersedia membuat minimal dua laporan indepth atau investigasi dari ide yang diusulkan dilengkapi dengan grafis (kecuali radio).
Mengirimkan ide lengkap dalam bentuk outline mencakup:
1. Sudut pemberitaan: pertanyaan yang ingin dijawab melalui liputan investigasi ini:

2. Latar belakang masalah

3. Data/dokumen awal 

4. Target narasumber dan pertanyaan kunci 

5. Daftar data/dokumen yang akan dicari dan reportase yang diperlukan untuk menyelesaikan liputan

Mengajukan kebutuhan dana liputan
 

Kriteria Seleksi

Setiap proposal beasiswa liputan akan diseleksi berdasarkan:

Kekuatan kepentingan publik yang terwakilkan dari sudut pemberitaan yang diajukan;
Kelengkapan dan kekuatan dokumen/data awal yang sudah dimiliki dapat diakses oleh jurnalis; peluang merealisasikan rencana peliputan sesuai dengan anggaran dan tenggat waktu yang disetujui.
 

Dukungan yang Kami Berikan

 

Dana liputan
Waktu 1 bulan untuk menyelesaikan peliputan, sejak ide liputan disetujui. Jangka waktu peliputan dapat diperpanjang dengan alasan rasional sesuai dengan kesepakatan.
Mentor untuk setiap peserta perseorangan/ tim yang mengasistensi mempertajam outline liputan.
 

Nilai Beasiswa Liputan

Kami akan memberikan beasiswa peliputan yang nilainya tergantung dari kedalaman isu dan luas wilayah yang dikover dalam peliputan tersebut. Komponen yang dibiayai seperti biaya transportasi, tunjangan selama liputan, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan.
Kami tidak memberikan biaya bagi aktivitas yang melanggar hukum dan Kode Etik Jurnalistik, seperti pengadaan barang illegal (senjata api, minuman beralkohol,dll), membeli dokumen atau keterangan, dll.
 

 

 

Ide dapat dikirimkan dengan mengisi googleform berikut:

http://bit.ly/beasiswaliputan_AJI_Akuntabilitas

 

Informasi mendalam: Bayu Wardhana 0817-128-615 (Signal) dan Putri 08577-487-8066, atau email: independenid@tutanota.com. Deadline tanggal 20 dan penerima beasiswa akan diumumkan tanggal 25 tiap bulannya.

Setiap bulan akan dipilih 1-2 ide liputan.