BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Gubernur Minta Penyelesaian "Middle Ring Road"

 

Senin, 8 Januari 2018 13:39 WIB

Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta penyelesaian pengerjaan jembatan dan jalan "Middle Ring Road" tahap I yang menghubungkan Jalan Urip Sumihardjo hingga Jalan Dr Leimena dipacu agar dapat dirampungkan pada Maret mendatang.
"Saya berharap minimal selesai sampai di ujung Leimena itu pada Maret," kata Syahrul saat menerima Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Miftachul Munir di Makassar, Senin.  
Menurut Syahrul, "middle ring road" sangat dibutuhkan karena merupakan salah satu cara mengurai kemacetan di Makassar.

 "Dengan segala upaya ini sudah kita dorong di nasional, saya berharap minimal sampai jalan Laimena itu selesai," ujarnya lagi. 

 Syahrul berharap pembangunan bagian jalan tersebut dapat rampung sebelum pihaknya mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Sulsel.  

"Ini menjadi catatan prestasi akhir, karena April kami sudag mengakhiri masa jabatan," ujarnya. 

 Sementara Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Miftachul Munir mengatakan pada dasarnya sudah tidak ada masalah lagi terkait pengerjaan jalan tersebut. 
Ia menjelaskan untuk pelebaran Jembatan Tello I dan pembangunan Jembatan Tello II yang masuk dalam bagian paket pembangunan jalan dan jembatan "middle ring road" sedang dalam pengerjaan dengan progress yang cukup baik. 

Untuk Jembatan Tello I, kata dia, tersisa pekerjaan railing dan penanaman pohon di median jalan. Sedangkan untuk Jembatan Tello II pengecoran telah selesai dilakukan pada bentang 1, balok girder sudah dimobilisasi di lapangan dan pilar tumpuan sudah selesai dilaksanakan pada bentang 2. Sementara untuk bentang 3 sedang dilaksanakan erection girder sisi kiri, dan mobilisasi balok-balok segmen precast di lapangan.

Meski demikian, kata dia, masih ada masalah spot lahan yant belum dibebaskan. Terkait hal ini, lanjutnya, pihak pemprov dalam hal ini Gubernur Sulsel sudah menyanggupi akan membantu memfasilitasi dengan meninjau secara langsung bersama pihak Pemerintah Kota Makassar.

"Kita akan mencoba konsolidasi dengan pihak penyedia jasa agar pekerjaan ini bisa rampung pada Maret," pungkasnya.

Sebagai informasi, total panjang jalan proyek Middle Ring Road yang menghubungkan jalan Perintis Kemerdekaan dari arah Makassar dan arah Maros ke jalan Leimena dan Jalan Borong Raya itu mencapai 7,09 km.?

Proyek itu dibagi dalam dua tahap, tahap pertama sepanjang 3,05 km, sedangkan tahap ke dua sepanjang 4,04 km.

Untuk tahun 2017, proyek ini memperoleh anggaran sebesar Rp75 miliar, sedangkan di tahun 2018 memperoleh anggaran Rp70,6 miliar.?

Secara total alokasi pagu dana untuk proyek itu dari 2015 hingga 2018 mencapai Rp174,78 miliar dengan sumber pembiayaan APBN.

Pewarta : Nurhaya J Panga 

Editor: Laode Masrafi 

COPYRIGHT © ANTARA 2018

 

Related-Area: