BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Lanud Pattimura Pecahkan Rekor MURI Paralayang

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. membuka event perdana Olahraga Dirgantara (Ordirga) Paralayang di Pesisir Pantai Hori Kampung Seri, Nusaniwe, Ambon, Maluku.

 Event ini merupakan pertama kalinya olahraga dirgantara (ordiga) khususnya Paralayang berlangsung di Kota Ambon. Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. yang merupakan penggagas event ini, mendeklarasikan Wisata Dirgantara Paralayang Airlouw (Flying High For Maluku) dan berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia dengan pemecahan rekor “Terbang Paralayang Pertama Dengan Sasaran Mendarat Di Ponton”.  

Dalam sambutannya Walikota Ambon yang diwakili oleh A.G Latuheru SH., M.Si Sekretaris Kota Ambon, dan seluruh jajaran Forkopimda Kota Ambon mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terciptanya gebrakan perdana Olahraga Dirgantara yang sangat membantu dalam mewujudkan dan memajukan pariwisata Kota Ambon.

Lebih lanjut, Walikota Ambon berharap event ini akan terus bergulir setiap tahun. “Diharapkan event acara ini akan terus berlanjut dan saya mendukung penuh acara kegiatan ini, acara ini kesempatan yang sangat bagus untuk ke depannya di Provinsi Maluku/Kota Ambon,” tuturnya, dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (14/11).

 Sementara itu, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., M.Han. dalam sambutannya mengatakan bahwa, sesuai Undang-Undang No. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, selaku komponen utama pertahanan negara di bidang Dirgantara, TNI AU mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan kekuatan pendukungnya secara dini.

Menurutnya, tugas tersebut sejalan dengan konsep sistem pertahanan semesta, dimana upaya pembinaan dan pengembangan potensi kedirgantaraan, diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan dan tindakan untuk memberdayakan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara di Dirgantara. Terutama mengarahkan pada terbentuknya komponen cadangan dan komponen pendukung Matra udara serta sekaligus membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, ke depan saya berharap ordirga di Kota Ambon ini benar-benar membumi dan banyak masyarakat yang menggeluti dan menekuni Ordirga.  Demikian juga, di semua Provinsi, dengan jadwal kegiatan latihan maupun kejuaraan, dapat dilaksanakan secara rutin dan bersinambungan,” ungkap Danlanud Pattimura.

Dalam rangkaian acara penyenggaraan event Paralayang ini juga terlaksana beberapa kegiatan tambahan yakni, penyambutan rombongan atlet Paralayang dengan tarian adat dengan kain gandong oleh masyarakat adat Dusun Seri, Tarian adat Sauremareka dari sanggar TK YPPK dan Tarian Reka-reka.

Selain itu juga dilaksanakan penyematan pin perwakilan 5 orang atlit oleh Danlanud Pattimura, penyerahan prasasti oleh Danlanud Pattimura kepada Dusun Airlouw dan Dusun seri yang diterima oleh perwakilan Walikota Ambon, Pembacaan SK pengurusan Fase Paralayang 5 tahun kedepan oleh Rektor Unversitas Pattimura, Pembacaan Museum Rekor dunia oleh Awan Rahargo selaku Manager MURI.

https://www.gatra.com/nusantara/maluku-papua/294774-lanud-pattimura-pecahkan-rekor-muri-paralayang