BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Aktivitas Pengetahuan Hijau: Konsolidasi Warga desa Napu

Pada tanggal 10 November 2015 Lalu, tim dari Konsorsium Hijau mengadakan pertemuan dengan warga di desa Napu di Sumba Timur. Ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Konsorsium Hijau, penerima hibah Proyek Pengetahuan Hijau MCA-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dirumah warga di Dusun Napu ini bertujuan untuk membahas dan memetakan Krisis Sosial Ekologis di daerah tersebut, berbeda dengan kegiatan pertemuan yang biasanya dilaksanakan, kegiatan ini serasa sangat santai dengan cara duduk secara lesehan dan dilaksanakan pada malam hari pukul 20.00 waktu setempat.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Desa yang dilanjutkan dengan peneliti dari Konsorsium hijau untuk desa Napu, Umbu Wulang dan manager area Konsorsium Hijau Umbu Nababan mellibatkan 25 peserta yang hampir seluruhnya laki laki yang berasal dari berbagai macam unsur perangkat desa.

Diskusi ini membahas tentang kearifan lokas Desa Napu, mulai dari pengelolaan tanah, pengawetan bibit dan pelestarian sumber air yang berhubungan dengan kegiatan pertukaran pengetahuan hijau MCA- Indonesia yang dikelola oleh Yayasan BaKTI. Selain itu juga dibahas mengenai permasalahan-permasalahan pangan dan air yang pernah terjadi di desa Napu. 

Harapan Kedepannya setelah diskusi ini adalah warga bersedia menerima program yang direncanakan untuk memetakan potensi desa untuk menggunakan energi terbarukan seperti penggunaan angin atau sinar matahari untuk tenaga listrik. Selain itu Program ini kedepannya akan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas terkait dengan pengolahan lahan dan ternak.

Related-Area: