BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Perekonomian Daerah Membaik, Berdampak Nasional

Perekonomian Daerah Membaik, Berdampak Nasional

Posted by admin on Wednesday, April 16, 2014

JAKARTA,GWP (16mandau/4)- Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam lima tahun terakhir meningkat tajam seirama dengan perbaikan pelayanan publik oleh semua daerah. Perbaikan pelayanan publik terutama dalam perijinan serta terkendalinya Kamtibmas dan adanya kepastian hukum, membuat gairah investasi di Indonesia mengalami trend meningkat.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa,  ketika membuka  Apkasi Internasional Trade and Investment Summit (AITIS0 2014,  Senin (14/4) Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran-Jakarta, berharap pameran yang sebagian besar memamerkan peluang investasi di daerah diiringi dengan perbaikan infrastruktur serta kemudahan dalam pelayanan perijinan. “Majunya daerah tidak terlepas kehadiran para investor,” kata Hatta Rajasa.

Ketua Apkasi Isran Noor yang juga Bupati Kutim, menyebutkan peserta AITIS merupakan daerah anggota Apkasi  yang ingin mempromosikan potensi unggulan masing-masing daerah  secara parsial. “AITIS bukan hanya sekedar pameran potensi daerah pada umumnya, namun juga mengelaborasi bagaimana cara memasarkan produk-produk unggulan tersebut melalui forum bisnis yang menghadirkan para investor dan buyers potensial, baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian dapat terjadi transaksi-transaksi yang saling menguntungkan,” kata Isran Noor yang kini memimpin 400 lebih kabupaten se Indonesia

Isran menyebutkan, selama 3 hari, AITIS 2014 juga melibatkan sejumlah  kementerian lintas sehingga menjadi  ajang promosi dan diskusi seluruh pemerintahan, baik pemerintah kabupaten, kota maupun  provinsi serta para kalangan pebisnis dalam merebut  peluang dan tantangan perdagangan dan investasi  antara lain sektor   pertanian dan perkebunan, pertambangan dan energi, infrastruktur, pariwisata dan produk kreatif,  kelautan. “Potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia  menyebar di seluruh wilayah nusantara dan semakin terbuka luas untuk diberdayakan demi kemakmuran rakyat dan bangsa,” ujar Isran Noor yang dalam acara pembukaan juga dihadiri Menteri Pertanian Suswono serta  Menparekraf  Mari Elka Pangestu.

Seusai membuka Aitis 2014 yang diiikuti beberapa negara diantaranya Fiji, Menko Perekonomian menyempatkan mengunjungi stand Pemkab Kutim serta daerah lainnya.(GWP)

Sumber: http://radiogwp.com/perekonomian-daerah-membaik-berdampak-nasional/