BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Perekrutan Program Officer Untuk Implementasi Pilot 'Mentorship Program' MAMPU-BaKTI

 PROGRAM MAMPU - BaKTI

PEREKRUTAN PROGRAM OFFICER UNTUK IMPLEMENTASI PILOT “MENTORSHIP PROGRAM”

BAGI ANGGOTA DPRD DI KABUPATEN BONE DAN KOTA AMBON

Yayasan BaKTI adalah organisasi masyarakat sipil yang saat ini menjadi salah satu Mitra dari Program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (MAMPU), sebuah program Pemerintah Australia yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi kehidupan perempuan miskin di Indonesia melalui penguatan organisasi perempuan, organisasi yang tertarik terhadap isu jender, dan Anggota DPR/DPRD agar dapat mempengaruhi kebijakan dan layanan pemerintah. Dalam program ini, BaKTI bersama jaringannya melaksanakan program “Penguatan Kapasitas Anggota Parlemen Perempuan dalam Memperjuangkan Kebijakan yangBerpihak pada Perempuan dan Masyarakat Miskin” di kawasan timur Indonesia.

Program MAMPU berfokus kepada lima tema utama: akses terhadap pekerjaan, akses terhadap perlindungan sosial, peningkatan kondisi migrasi buruh migran Indonesia di luar negeri, peningkatan kepemimpinan perempuan untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan dan kesehatan reproduksi. MAMPU mendukung upaya-upaya mendorong Anggota DPR dan DPRD agar lebih aktif dan efektif dalam pembuatan kebijakan terkait dengan isu temarik MAMPU.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan MAMPU adalah Program Mentorship bagi semua Anggota DPRD perempuan dan sebagian Anggota DPRD laki-laki yang berpihak terhadap isu-isu jender dan kemiskinan. Program mentorship adalah program unik yang mengkombinasikan antara penyediaan mentor, tenaga ahli yang relevan, serta dukungan-dukungan lain sesuai dengan kebutuhan Anggota DPRD yang berpartisipasi. Program ini dapat mencakup kegiatan-kegiatan seperti: sesi pendek untuk bertukar pengalaman, penyampaian alternatif kebijakan berbasis bukti, forum diskusi, lokakarya, program pertukaran dan kunjungan langsung terhadap contoh keberhasilan atau praktik-praktik cerdas.

Sebagai tahap awal, MAMPU akan melakukan uji coba (pilot) program mentorship di dua wilayah, yaitu Kabupaten Bone dan Kota Ambon, sebelum memutuskan untuk mereplikasi program ini di wilayah-wilayah cakupan MAMPU lainnya. Pilot program ini akan dilaksanakan oleh Yayasan BaKTI.

Untuk melaksanakan pilot program Mentorship ini, BaKTI memerlukan satu orang dengan kualifikasi dan pengalaman yang tepat untuk menduduki posisi:

Program Officer

 

Tugas

 

  1.  
    1.  
      1. Memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pilot program mentorship sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan dengan supervisi Program Manager.
      2. Menggantikan peran Program Manager MAMPU terutama terkait pilot program mentorship jika yang bersangkutan sedang berhalangan.
      3. Melakukan koordinasi pelaksanaan program ini dengan mitra daerah, MAMPU BaKTI dan MAMPU Cowater.
      4. Membuat TOR atau kerangka acuan untuk setiap kegiatan dan mengirimkannya kepada Cowater untuk mendapatkan masukan sebelum kegiatan dilaksanakan.
      5. Menyiapkan formulir kepesertaan dalam program mentorship (diisi dan ditandatangani oleh Anggota DPRD yang berpartisipasi).
      6. Menyiapkan Kontrak Belajar dan Dukungan (diisi dan ditandatangani oleh Anggota DPRD dan mentor/organisasi pelaksana).
      7. Bersama Mitra daerah, mengidentifikasi dan menghubungi Mantan Anggota DPRD yang akan dilibatkan sebagai mentordan Pakar yang dilibatkan sebagai Panel Ahli.
      8. Bersama mitra daerah, mengidentifikasi dan mengubungi semua Anggota Perempuan dan sebagian Anggota laki-laki yang berpihak terhadap isu-isu jender dan kemiskinan di Kabupaten Bone dan Kota Ambon untuk berpartisipasi dalam program ini.
      9. Memastikan tersedianya data baseline dan endline dari program ini.
      10. Menyiapkan laporan hasil media monitoring terkait kegiatan dan pernyataan Anggota DPRD yang berpartisipasi mengenai isu-isu MAMPU.
      11. Bersama staff monev, melaksanakan monitoring program sesuai jadwal.
      12. Menulis laporan kemajuan kegiatan, laporan kwartal sesuai jadwal, dan laporan akhir.
      13. Membuat database APP/APL terkait dengan Program MAMPU.
      14. Menyiapkan dan menyediakan paket-paket pembelajaran.
      15. Mendokumentasikan segala bentuk dokumen program seperti laporan-laporan narasi, foto, klipping dan segala bentuk publikasi program lainnya.
      16. Membuat dan mengajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program bersama dengan Program Manager.
      17. Membuat dan mengajukan procurement untuk pengadaan barang dan jasa.
      18. Memastikan penggunaan anggaran program sesuai dengan rencana kerja yang disusun.
      19. Membuat rencana anggaran dan laporan realisasi/ penggunaan anggaran sesuai dengan waktu pelaporan yang ditetapkan.
      20. Membuat voucher terkait dengan pengeluaran dan pemasukan dana program MAMPU yang sesuai dengan standar keuangan Yayasan BaKTI untuk diajukan ke FO Yayasan BaKTI.
      21. Mengumpulkan dan menyimpan dokumen-dokumen terkait dengan laporan keuangan sesuai dengan Standar Keuangan Yayasan BaKTI terkait dengan penggunaan dana Yayasan BaKTI.
      22. Melakukan tugas lain yang diminta oleh supervisor atau line manager.

 

 

Kualifikasi

 

  1.  
    1.  
      1. Minimum Sarjana (S-1) di bidang ilmu politik, administrasi negara, hukum, tata negara, manajemen atau bidang-bidang social lain yang relevan.
      2. Berpengalaman minimal 4 tahun dalam mengelola program penguatan kapasitas lembaga pemerintah/atau non pemerintah, advokasi kebijakan, atau layanan publik.
      3. Berpengalaman bekerja dengan anggota parlemen dan pemerintah.
      4. Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
      5. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, baik lisan maupun tulisan.
      6. Memiliki inisiatif dan motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan deadline yang ketat.
      7. Mampu bekerja baik secara mandiri dengan pengawasan minimum maupun bekerja dalam team secara efektif.

 

 

LOKASI DAN DURASI

Posisi ini adalah local hired dan akan berbasis di Kantor Yayasan BaKTI di Makassar, Indonesia. Durasi penugasan untuk post ini adalah 12 (dua belas) bulan dimulai 24 November 2014 – 23 November 2015 dengan kemungkinan perpanjangan yang bergantung pada kinerja.

Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, kecacatan, status sosial-ekonomi, orientasi seksual atau keyakinan agama. Namun demikian, posisi ini diutamakan bagi pelamar dengan jenis kelamin perempuan.   

Bagi yang berminat dan merasa memenuhi syarat/ kriteria tersebut diatas, silahkan untuk mengirim lamaran ke info@bakti.or.id(CV dan surat lamaran), subject: “PO Mentorship” dengan batas waktu tidak lewat dari tanggal 21 November 2014.

-- 
Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)
Jl. H.A. Mappanyukki No.32   
Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Telp. +62 411 832 228, 833 383 Fax +62 411 852 146

Kantor MAMPU BaKTI Jl. H.A. Mappanyukki No. 62A

Telp. +62 411 871 521 Fax +62 411 832 173 
www.batukarinfo.com
www.bakti.or.id

pintarmampu.bakti.or.id
Facebook: YayasanBaKTI
Twitter: @InfoBaKTI