BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Tujuh Manfaat Mengikuti Pameran bagi Pelaku UMKM

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mempromosikan produknya, salah satunya dengan mengikuti pameran. Kerap kali pameran jadi panggung bagi pelaku usaha. Apalagi, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pelaku UMKM, jika rajin mengikuti berbagai bazar dan pameran. Penasaran apa saja manfaat jika kamu mengikuti bazar atau pameran? Berikut ini 7 manfaat mengikuti pameran bagi pelaku UMKM, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengenalkan Produk

Pameran merupakan salah satu metode pemasaran offline yang cukup efektif. Bagaimana tidak? melalui pameran, kamu bisa memperkenalkan produk yang kamu buat kepada calon konsumen lebih luas. Hal ini karena, pameran identik dengan suasana yang ramai dan hiruk pikuk orang berbelanja. Pastinya ini merupakan kesempatan yang dapat kamu jadikan ajang untuk mendemonstrasikan usaha dan produk kepada pengunjung.

2. Mengenal Kompetitor

Dengan kamu mengikuti pameran, kamu bisa bertemu dengan banyak pesaing di bidang usaha yang sedang kamu geluti. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menggali informasi mengenai harga jual, inovasi, dan strategi para pesaing di pasar, agar kamu bisa belajar dan mengevaluasi kekurangan produkmu.

3. Survei Tren Pasar

Pameran biasanya banyak dikunjungi oleh orang yang ingin berbelanja. Kamu bisa mengamati, tren apa yang diminati oleh masyarakat saat ini. Selain itu, kamu bisa melakukan survei mengenai produk apa yang sedang ramai dan diminati di pameran tersebut. Dengan begitu, kamu bisa membuat strategi dan melakukan inovasi yang tepat pada bisnismu.

4. Memperluas Relasi dan Mitra

Selain terdapat penjual dan pembeli, di dalam pameran biasanya akan mengundang pihak-pihak yang mendukung perkembangan bisnis, mulai dari pemasok, distributor, media, dan investor. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk memperluas relasi, bahkan menemukan mitra bisnis yang bisa menjalin kerja sama untuk mengembangkan usahamu.

5. Meningkatkan Pendapatan

Biasanya, akan ada ribuan pengunjung yang menghadiri sebuah pameran. Bisa dibayangkan berapa calon pelanggan potensial yang akan melirik produk kamu?

Hal ini tentunya akan memengaruhi angka penjualan produk kamu dan akan meningkatkan pendapatan bisnismu. Kamu bisa mengoptimalkan penjualan dengan memberikan diskon spesial, merchandise spesial, dan bonus menarik lainnya.

6. Ajang Mencari Investor

Pameran juga menjadi kesempatan untuk mendapatkan investor. Tak jarang para pebisnis besar yang ingin menginvestasikan uangnya, mencari produk atau jenis usaha yang menarik di pameran. Bahkan, pada pameran-pameran tertentu ada sesi pitching atau presentasi singkat pelaku usaha untuk meyakinkan investor, agar tertarik menjalin kerja sama.

7. Evaluasi Produk

Manfaat terakhir mengikuti pameran, tapi tak kalah pentingnya adalah kesempatan membandingkan produk yang kamu tawarkan dengan produk pesaing yang sejenis. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan produkmu di mata konsumen. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan produkmu, kamu bisa melakukan inovasi produk dan bisa menentukan strategi bisnis baru.

 

Sumber: https://umkm.kompas.com/read/2023/10/31/170300583/7-manfaat-mengikuti-pameran-bagi-pelaku-umkm?page=2

 

 

 

 

Tag Referensi: