BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dosen FKIK bermain Monopoli Bersama Siswa SDS Islam Al-Falah untuk Edukasi Buah dan Sayur

22 Agustus 2022. Tim dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SDS Islam Al Falah, Kota Jambi. Kegiatan ini termasuk dalam skema pelaksanaan PPM unggulan fakultas. Dasar kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengedukasi siswa sekolah dasar tentang manfaat mengonsumsi buah dan sayur. hal ini dikarenakan tingginya kebiasaan konsumsi tinggi kalori dan makanan minuman manis di kalangan siswa sekolah dasar Kota Jambi, ditambah lagi dengan kebiasan makan buah dan sayur yang kurang.

Tidak tanggung-tanggung, tim dosen yang diketuai oleh Ismi Nurwaqiah Ibnu, S.Gz.,M.Kes ini menyusun sendiri bahan edukasi yang diberikan kepada siswa, yaitu dalam bentuk media permainan monopoli dan edukasi dalam bentuk ceramah. Diharapkan dengan kedua media edukasi ini pesan-pesan kesehatan yang disampaikan lebih dapat dimengerti oleh siswa sekolah dasar. Pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh kepala sekolah, guru wali kelas dan pembina UKS. Pengabdian masyarakat ini dimulai dengan pengukuran status gizi siswa, acara pembukaan secara simbolis, kemudian pemaparan edukasi di kelas masing-masing. Sebanyak 58 siswa yang terbagi ke dalam kelas VB dan VC mengikuti edukasi ini, kelompok kelas yang mendapatkan permainan monopoli didampingi oleh mahasiswa, setiap kelompok permainan terdiri dari 4 siswa dan disediakan handsanitizer, disamping itu juga sarana cuci tangan dengan sabun tersedia di setiap sudut sekolah.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang seharusnya diadakan dengan durasi yang lama dan berulang-ulang harus dibatasi karena kegiatan berkumpul masih dibatasi dan memasuki bulan Agustua, siswa memiliki banyak kegiatan perlombaan dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini apalagi kelompok yang bermain permainan monopoli. Dalam anggota tim pengabdian, turut serta juga ketua jurusan kesehatan masyarakat FKIK Universitas Jambi, menurut beliau ”tema yang diangkat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masa pasca pandemik dimana aturan pembelajaran secara tatap muka telah diberlakukan walaupun masih terbatas, untuk memodali siswa kembali beraktifitas yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral agar imun tubuh terbentuk dan dapat terhindar dari penyakit menular seperti covid-19”. Disamping itu, tidak habis-habisnya tim dosen ini mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat yang wajib diterapkan dimasa sekarang, dan dalam lingkungan apapun, terutama lingkungan sekolah. Serta didukung oleh asupan gizi, mengonsumsi jajanan sehat, sarapan, mengonsumsi gizi seimbang juga menjadi pelengkap informasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini.