BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Beasiswa: Banking Editors Masterclass 2020 “Adaptasi UMKM di Era Digital”

 

Sekolah Jurnalisme AJI bekerja sama dengan Commonwealth Bank untuk kedua kalinya akan menyelenggarakan program beasiswa bagi kalangan editor untuk mendalami isu dan liputan dengan tema “Adaptasi UMKM di Era Digital”.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas editor menghasilkan karya jurnalistik (news analysis/ indepth reporting) isu ekonomi perbankan dengan fokus eksplorasi isu upaya UMKM beradaptasi dengan teknologi di Era Digital dan kolaborasi dengan sektor perbankan dalam proses transformasi digital.

Program ini sekaligus bertujuan mempromosikan etika peliputan ekonomi perbankan. Serta membantu media-editor lebih kreatif dan kritis dalam mengembangkan ide berita, untuk menghasilkan berita atau artikel tentang ekonomi perbankan yang mendidik bagi masyarakat.

Ini merupakan program beasiswa yang diberikan kepada 15 jurnalis dari berbagai platform media, berupa biaya pengembangan kapasitas dan biaya operasional menghasilkan karya jurnalistik yang akan menjadi bagian dari tugas akhir. Banking Editors MasterClass ini  akan berlangsung di Jakarta pada Maret – April 2020, 12 kali pertemuan (Seminggu dua kali pertemuan, Selasa dan Kamis, Pkl 09.00 – 12.00 WIB).

Siapa yang dapat melamar beasiswa?
    Jurnalis editor media atau reporter / jurnalis senior atau posisi apa pun di ruang redaksi media yang setara dengan editor dengan pengalaman kerja minimum 5 tahun.
    Jurnalis mendapat dukungan dari satu Media Massa untuk mengikuti program ini melalui rekomendasi dari atasannya.
Apa yang dibiayai oleh beasiswa?
Biaya pengembangan kapasitas selama tiga bulan, serta dana menghasilkan karya jurnalistik (news analysis atau Indepth reporting) yang meliputi biaya operasional seperti biaya transportasi, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya adalah Rp 3.000.000,- (tiga juta  rupiah). Pihak penyelenggara tidak menyediakan penginapan dan biaya transportasi bagi rekan-rekan dari luar Jakarta yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana cara mengajukan beasiswa?
Untuk dapat mengajukan beasiswa, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, surat rekomendasi dari atasan untuk mengikuti kegiatan ini, serta proposal liputan dengan tema ” Adaptasi UMKM di Era Digital”.

Untuk melamar sebagai peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran yang ada dalam link Google Form ini :
http://bit.ly/FormPendaftaran_BEM2020   

Informasi selengkapnya
Website: www. aji.or.id
Email: sekolahjurnalismeaji@gmail.com
Whatsapp: 0878-8627-1537 (Edy Can), 0857-8219-4068 (Arie)

Selambat-lambatnya tanggal 15 Maret 2020

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: sekolahjurnalismeaji@gmail.com atau melalui nomor handphone/WhatsApp: 0878-8627-1537 (Edy Can), 0857-8219-4068 (Arie).

Sumber: https://aji.or.id/read/press-release/1016/beasiswa-banking-editors-masterclass-2020-adaptasi-umkm-di-era-digital.html