BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Beasiswa Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) 2019

Sekolah Jurnalisme AJI (SJAJI) bekerja sama dengan Danone Indonesia kembali menyelenggarakan short course Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) bagi rekan-rekan jurnalis, untuk mendalami isu dan liputan tentang Kesehatan dan Capaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Kegiatan ini merupakan ketiga kalinyaHNJA dilaksanakan sejak diluncurkan tahun 2017 yang lalu. Tahun ini, HNJA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman jurnalis tentang capaian dan tantangan Indonesia dalam SDGs 2030 terutama Goal 2,3, 6, dan 12 tentang isu-isu kesehatan ibu dan anak, nutrisi, dan akses air bersih dan sanitasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong jurnalis terlibat dalam kampanye SDGs tersebut melalui pemberitaan mendalam.

Beasiswa diberikan bagi :
1. Jurnalis dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun dan mendapat dukungan dari medianya untuk mengikuti program ini melalui rekomendasi/pernyataan kesediaan yang ditandatangani editornya.
2. 20 Jurnalis dari berbagai platform media terpilih dengan proposal liputan terbaik.
Beasiswa terdiri dari biaya kursus Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) dan biaya operasional liputan (termasuk biaya transportasi, komunikasi dan materi pendukung proses liputan) sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk pembuatan tugas akhir.

Program berlangsung di Jakarta pada bulan Juli – Oktober 2019 (termasuk penulisan tugas akhir), short course selama 14 kali pertemuan (seminggu dua kali pertemuan Senin dan Kamis pukul 09.00 – 12.00), masing-masing berdurasi 2-3 jam.

Pihak penyelenggara tidak menyediakan penginapan dan biaya transportasi bagi peserta dari luar Jakarta yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Peserta akan mendapatkan materi mengenai kesehatan, nutrisi, dan SDGs, serta materi jurnalisme seperti teknik membuat liputan kesehatan yang mendalam, dari kalangan praktisi kesehatan, SDGs dan media. Selama program berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas. Di akhir periode akan dipilih peserta terbaik sebagai The Best Participant of HNJA 2019.
Jurnalis yang berminat dapat mendaftar dengan mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, Surat Rekomendasi dari Editor atau Atasan, dan proposal liputannya. liputan dengan tema “Kesehatan dan Capaian SDGs di Indonesia”.
Untuk melamar sebagai peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran yang ada dalam link Google Form ini :
http://bit.ly/FormulirPendaftaran_HNJA2019

Selambat-lambatnya tanggal 22 Juni 2019
Informasi selengkapnya
Email: sekolahjurnalismeaji@gmail.com
Whatsapp: 0878-8412-6405 (Dian) atau 0857-8219-4068 (Arie)

Apa kriteria usulan liputan terbaik?
1. Topik menyangkut “Kesehatan dan Capaian SDGs di Indonesia”
2. Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain
3. Liputan menantang, namun tetap realistis
4. Menggunakan narasumber yang kredibel
5. Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat
6. Biaya tidak melebihi pagu yang ditentukan, kecuali peserta bisa menutup kekurangannya.

Bagaimana proses seleksi?
Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling baik. Hanya 20 usulan liputan terbaik yang akan mendapat beasiswa. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email.

Bagaimana proses setelah seleksi?
Peserta terpilih akan mengikuti short course di Jakarta yang terdiri dari 14 kali pertemuan (seminggu dua kali pertemuan Senin dan Kamis pukul 09.00 – 12.00).
Pihak penyelenggara tidak menyediakan penginapan dan biaya transportasi bagi rekan-rekan dari luar Jakarta yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Manfaat bagi peserta
● Peserta akan mendapatkan materi mengenai kesehatan, nutrisi, dan SDGs, serta materi jurnalisme seperti teknik membuat liputan kesehatan yang mendalam, dari kalangan praktisi kesehatan, SDGs dan media.
● Selama program berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor selama proses belajar maupun konsultasi di luar kelas.
● Dukungan biaya operasional liputan sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk pembuatan tugas akhir.
● Penghargaan untuk The Best Participant of HNJA 2019 bagi peserta dengan kualifikasi terbaik.

Perlu informasi lebih jelas?
Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: sekolahjurnalismeaji@gmail.com atau melalui nomor handphone/WhatsApp: 0878-8412-6405 (Dian) atau 0857-8219-4068 (Arie).