BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Bupati Fakfak Apresiasi SAIK+, Alat Kerja PROSPEK Otsus Untuk Rujukan Pembangunan

Manokwari, Ringpapua.com — Bupati Fakfak,Untung Tamsil mengapresiasi alat kerja POSPEK Otsus Papua Barat yang diberi nama SAIK+. Dia mengapresiasi itu setelah melihat langsung demonstrasi yang dilakukan dua kader kampung yang berasal dari Kampung Tanama, Distrik Pariwari, Febrianti Raga dan Sakni Santa Ana, saat menunjukan kemudahan akses data kependudukan secara spesifik sesuai yang diinginkan.
“Data yang tersedia pada aplikasi SAIK+ sangat membantu pemerintah Kabupaten Fakfak untuk membuat perencanaan pembangunan yang lebih spesifik dan tepat sasaran disegala bidang,” ungkapnya tersenyum.

Diketahui Fakfak, menjadi salah satu Kabupaten yang telah melakukan pendataan penduduk menggunakan aplikasi SAIK+. Aplikasi ini adalah alat yang digunakan dalam program PROSPPEK Otsus Provinsi Papua Barat dalam mendata berbagai elemen dari setiap penduduk di Provinsi Papua Barat.

Tujuannya adalah mengumpulkan data spesifik yang bisa digunakan pemerintah sebagai dasar dari perencanan pembangunan, khususnya di tingkat kampung.

Communication Assistant PROSPPEK Otsus Papua Barat, Syaifullah mengatakan, pendataan dalam PROSPPEK Otsus dilakukan oleh kader kampung yang tersebar di 1.742 Kampung di Papua Barat.

“Jumlah itu termasuk 142 Kampung dan 7 Kelurahan di Kabupaten Fakfak,” ujarnya, dalam rilis yang diterima, Ringpapua.com, Rabu (13/10).

Pemerintah kata dia, akan dengan mudah mengetahui berapa warga Orang Asli Papua usia produktif yang tidak bersekolah di kampungnya hanya dengan mengaktifkan beberapa filter di aplikasi SAIK+.

“Data lainnya juga tersedia dan terus diupdate untuk menjangkau seluruh warga kampung,” tambahnya.

(DTM)

 

Sumber: https://ringpapua.com/2021/10/bupati-fakfak-apresiasi-saik-alat-kerja-prospek-otsus-untuk-rujukan-pembangunan/

Related-Area: