BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Cetak 300 Hektare Sawah Baru

Wed,12 February 2014 | 11:43
Cetak 300 Hektare Sawah Baru

POLEWALI, FAJAR -- Pemkab Polewali Mandar (Polman) menargetkan peningkatan produksi padi. Dinas Pertanian dan Peternakan Polman akan mencetak 300 hektare sawah baru untuk mencapai target.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Polman, Basir Halim, Selasa, 11 Februari menyebutkan, pencetakan sawah baru terbagi di beberapa wilayah seperti Kecamatan Binuang, Polewali, Bulo, Mapilli, Tutar dan Campalagian.

“Daerah ini merupakan wilayah yang sangat produktif dan strategis. Perluasan area persawahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan surplus produksi beras per tahun,” jelasnya.

Di wilayah Sulbar, Polman salah satu kabupaten pemasok beras terbesar. Luas area dan produktivitas lahan di wilayah ini cukup luas, mencapai 16.544 hektare. Produksi padi 2013 lalu mencapai 233.861 ton. Selain menambah sawah baru, kata Basir, juga sedang melakukan pengembangan tanaman sayuran.

“Saat ini kita menyebar benih sayuran berbagai jenis di 16 kecamatan. Benih tersebut dibagikan secara gratis kepada masyarakat untuk dikembangkan,” jelasnya. Pola pembagian benih, lanjutnya, dikondisikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat. Selain itu luasan lahan dan struktur tanah juga sangat menentukan jenis tanaman serta besaran bantuan yang akan diberikan.

Di Desa Amola Kecamatan Binuang misalnya, telah dikucurkan bantuanbenihsayuransecara variatif, seperti wortel, kol, cabai, tomat, serta sayuran lainnya. “Bantuan ini kita kelompokkan per paket setiap wilayah dan disalurkan melaluipenyuluh setempat,” imbuhnya.

Salah seorang warga Sugihwaras, Suwanto mengakui, selama ini hanya melakoni budidaya tanaman sayuran. Aktivitasnya itu ternyata mampu menutupi kebutuhan hidup keluarganya setiap hari. “Bantuan benih sayuran gratis kepada masyarakat akan sangat membantu kami. Selama ini, pengadaan benih kita beli di pasar dengan harga mahal,” ucapnya, kemarin. (kdr/rif)

Sumber: http://www.fajar.co.id/sulawesibarat/3131336_6485.html