BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Karang Taruna “Gerbang Rinjani” Desa Jurit Baru Gandeng LRC Untuk Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Suara Selaparang, Lombok Timur - Sektor pertanian merupakan salah satu sector unggulan bagi Kabupaten Lombok Timur. Sector ini mampu menymbang PDRB sebesar 27% pada tahun 2021 yang lalu. Namun walaupun sumbangan PDRBnya cukup tinggi, sektor pertanian memiliki permasalahan yang cukup beragam dan cukup kompleks. Salah satu permasalahan yang cukup mendasar di bagian hulu (Input) yaitu permasalahan pupuk.

Melihat permasalahan pupuk ini menjadi permasalahan yang serius dan bisa menggangu produksi, Karang Taruna “Gerbang Rinjani” desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela kabupaten Lombok Timur melakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos (Organik) bagi pemuda, petani dan peternak.

Kegiatan yang dilakukan mengajak Lombok Research Center (LRC) terlibat menjadi pemateri dalam hal teori maupun praktinya nanti. Kegiatan pelatihan ini dilakukan di salah satu rumah penduduk pada hari minggu (2/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pemuda di semua dusun, perwakilan petani dan peternak. Dalam acara itu juga hadir Kepla Desa Jurit Baru sekaligus membuka acara.

Kepala Desa Jurit Baru dalam sambutannya menyampaikan bahwa permasalahan pupuk ini merupakan permasalahan mendasar dan kebijakannya ditentukan oleh pemerintah pusat. Untuk itu kepala Desa mengajak masyarakatnya yang sebagian besar petani untuk mampu membuat solusi salah satunya dengan membuat pupuk kompos seperti yang akan dilakukan hari ini.

“Kegiatan hari dalam praktik pembuatan pupuk kompos ini merupakan salah satu solusi yang bisa mengurangi permasalahan pupuk saat ini,” ungkap Kepala Desa Jurit Baru.

Kepala Desa juga menympaikan bahwa di sebagian besar dusunnya merupakan dusun dengan produksi nanas yang cukup tinggi, dan sayangnya tanaman nanas tidak termasuk menjadi tanaman yang mendapatkan subsidi pupuk ini.

Untuk itu kepala desa mengharapkan peserta yang hadir untuk mau serius dalam mengikuti kegiatan dan nantinya mau mempraktikkannya setelah sampai dirumahnya.

Hadir sebagai pembicara yaitu Maharani yang merupakan peneliti Lombok Research Center. Dalam kesempatan tersebut Maharani menjelaskan dengan detail apa itu pupuk, apa manfaat pupuk bagi tanaman dan bagaimana memanfaatkan limbah kotoran ternak yang ada di desa Jurit Baru menjadi bahan yang sangat potensial sebagai bahan pupuk organic.

Setelah melakukan tori sekitar 1 jam lebih, para peserta langsung diajak untuk melakukan praktik langsung.

“Praktik ini nantinya akan langsung dilakukan sendiri oleh peserta,” ungkap Maharani.

Dalam kegiatan ini dilakukan dua macam praktik yaitu praktik pembuatan Pupuk Organik Cair dan pupuk padat dari bahan kotoran sapi.

Maharani juga menegaskan bahwa Semoga kegiatan ini tidak hanya sebatas sampai disini dan hari ini. Harapannya agar setiap peserta setelah sampai dirumahnya nanti untuk mau mempraktikkannya sendiri.

Paling tidak jangan bicara bisnis dulu, artinya pupuk yang dihasilkan nanti bisa dimanfaatkan untuk kalangan sendiri. Jika hasilnya berlebih, baru bisa difikirkan untuk keuntungan yang lainnya seperti menjual dan yang lainnya.

Sumber: https://www.suaraselaparang.com/2022/10/karang-taruna-gerbang-rinjani-desa.html#.YzqUrgHtTQE.whatsapp

Related-Area: