BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Menko Puji Kinerja Gubernur Sulbar

Menko Puji Kinerja Gubernur Sulbar
AntaraAntara – 1 jam 22 menit lalu

Mamuju (Antara) - Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Hatta Radjasa memuji kinerja Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, dalam mendorong percepatan pembangunan di daerahnya.

"Pak Anwar ini adalah teman dekat saya saat sama-sama menjadi anggota DPR RI. Masyarakat Sulbar beruntung memiliki gubernur karena sangat agresif mencari dukungan anggaran di pusat," kata Menko, Hatta Radjasa saat melaksanakan Ground Breaking proyek MP3EI Sulbar di Mamuju, Selasa.

Menurutnya, kerja keras Anwar untuk mencari dukungan anggaran untuk membangun daerah begitu luar biasa.

Betapa tidak, saat dirinya menjabat Menteri Perhubungan hingga menduduki jabatan Menko, maka Gubernur Sulbar yang paling banyak menelpon.

"Jika menyangkut pembangunan Sulbar maka telpon saya itu bisa berdering berkali-kali dalam sehari. Jika Anwar ada di Jakarta maka tanpa janjian langsung ada di kantor. Itulah hebatnya kalau ada teman yang ada di Jakarta," kata Menko.

Menurut Menko, kegiatan ground breaking ini dihadiri para wakil Menteri mulai Wamen Menteri PU, Wamen ESDM, Wamen Kesehatan dan sejumlah kementerian lainnya.

"Jika proyek ini tidak jadi-jadi, maka diantara wakil menteri ini harus dicari karena berani datang ke Sulbar namun tidak memberikan dukungannya," katanya.

Menurut Menko, enam projet besar ini bernilai strategis untuk mendukung master plan program MP3EI koridor Sulawesi dan terlebih lagi akan ikut mendorong percepatan pembangunan di Sulbar.

Enam proyek yang dimulai dilaksanakan itu diantaranya, pembangunan jalan Arteri Road to Support Belang-Belang Internasional Port, Pembangunan PLTA Tumbuan Mamuju, Pembangunan PLTU Belang-Belang, Pembangunan RSUD dan pembangunan pabrik minyak goreng di Mamuju Utara.

"Proyek yang akan dilaksanakan ini sebagian dibiayai dengan menggunakan dana APBN dan terbesar ternyata didanai murni investasi swasta nasional oleh perusahaan Jusuf Kalla," katanya.

Dia mengatakan, pengusaha seperti JK patut menjadi contoh bagi pengusaha swasta nasional karena ternyata berani membangun infrastruktrur Sulbar walaupun belum melaksanakan pembangunan PLTA Tumbuan.

Karena itu kata Menko, pemerintah harus memberikan insentif bagi pengusaha seperti yang dilakukan JK karena sesungguhnya pengusaha seperti itu telah mengambil peran untuk melaksanakan tanggung jawab pemerintah dengan pembangunan infrastruktur.

"Pemerintah memungkinkan memberikan insentif bagi pengusaha yang memiliki tanggungjawab membangun untuk kepentingan masyarakat," ujar Hatta.(rr)

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/menko-puji-kinerja-gubernur-sulbar-013011563.html