BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Mutasi Guru, Pemda Polman: Jangan Merasa Dilempar ke Gunung Itu Hukuman

Mutasi Guru, Pemda Polman: Jangan Merasa Dilempar ke Gunung Itu Hukuman

    Written by  Sukriwandi
    Fri,07 March 2014 | 19:09

KBR68H, Polewali Mandar – Pemerintah Polewali Mandar, Sulawesi Barat, akan memutasi guru desa ke kota dan guru kota ke desa. Alasannya sudah banyak guru yang bertugas 10 tahun lebih di desa.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Polewali Mandar Muhammad Ilyas, saat ini ia sudah memerintahkan semua Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) kecamatan untuk mendata. Langkah ini diharapkan bisa memecahkan kejenuhan guru yang sudah lama bertugas di daerah terpencil.

“Kita usahakan orang yang sudah sampai 10 tahun di sekolah itu untuk bergeser sedikit lagi ke tempat lain jangan lagi monopoli di sekolah itu. Dikhawatirkan yang 10 tahun ini ada kejenuhan berpikir untuk kreatif di sekolah itu. Sehingga yang sudah 10 tahun itu kita usahakan bagaimana berbagi tugas dengan yang lain. Sehingga tidak lagi merasa  bahwa dilemparkan ke gunung itu hukuman tetapi di bawah ke gunung itu artinya sudah ada target bahwa ini adalah satu persiapan jadi manajer,” tutur Muhammad Ilyas.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Polewali Mandar Muhammad Ilyas menambahkan, setelah data rampung diknas akan mengeluarkan mutasi guru desa ke kota.

Kata Ilyas, kendala yang akan dihadapi adalah tempat tinggal guru yang belum siap. Sehingga untuk mengoptimalkan program ini, diknas akan memprioritaskan untuk sekolah satu atap yang fasilitasnya lengkap di desa terpencil.  

Editor: Anto Sidharta

Sumber: http://www.portalkbr.com/nusantara/sulawesi/3161359_4445.html