BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

3 Desa di Tutar Polewali Mandar Terisolir

3 Desa di Tutar Polewali Mandar Terisolir

    Written by  Sukriwandi
    Sun,02 February 2014 | 11:10

KBR68H, Polewali Mandar - Sebanyak tiga Desa di Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar), Polewali Mandar, Sulawesi Barat terisolir akibat infrastruktur jalan dan jembatan yang menuju wilayah itu rusak.

Wakil Ketua III DPRD Polewali Mandar, Abdul Rahim mengatakan, tiga desa yang terisolir di kecamatan tutar adalah desa Besoangin, Besoangin Utara dan Ratte. Terisolirnya tiga desa tersebut dikarenakan hingga kini Pemerintah Kabupaten dan Provinsi belum memperbaiki jalan dan jembatan di tiga wilayah itu. Akibatnya kebutuhan pokok masyarakat desa di wilayah itu naik 3 kali lipat dari harga normal.

"Kondisinya itu di tiga desa itulah yang paling memperhatikan. Terkait dengan terisolirnya ini pak apa yang paling terasa sama masyarakat disana pak? Biaya yang harus dikeluarkan masyarakat disana harganya bisa menjadi 3 kali lipat, misalnya 1 sak semen saja yang harganya dikota Rp. 50 ribu untuk sampai ke Besoangin sana yang harus memutar dari majene menjadi Rp. 150 ribu bayangkan. Untuk naik ojek saja dari Besoangin turun katakanlah kepolewali itu Rp. 450 ribu untuk sampai disini to saja," papar Abdul Rahim.

Wakil Ketua III DPRD Polewali Mandar, Abdul Rahim mengaku, sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk meratakan jalan dengan alat berat dan membuat jembatan darurat. Kata dia, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di tiga desa itu sempat dilakukan oleh PNPM-Mandiri Pedesaan dan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP).

Namun, terbatasnya anggara membuat hasil perbaikan tak maksimal. Kecamatan Tubbi Taramanu, Polewali Mandar terdiri dari 13 desa dan seluruhnya masih ketegori tertinggal.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Sumber: http://www.portalkbr.com/nusantara/sulawesi/3117505_4445.html