BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

7 Kabupaten Terima Penghargaan Program Papua Bangkit

SUMBER

Jayapura, Nokenlive.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua memberikan penghargaan kepada 7 Kabupaten yang berprestasi dalam melaksanakan program Papua Bangkit.

Pemberian penghargaan Papua Bangkit pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah periode 2018 – 2023 di hotel aston, Kota Jayapura, Rabu (24/4/2019).

Penghargaan Papua Bangkit award diserahkan Wakil Gubernur Papua, Kepala BNPB, Deputi Kemaritiman Bappenas Republik Indonesia yang diterima perwakilan dari Kabupaten Nduga, Pegunungan Bintang, Lanny Jaya, Deiyai, Yahukimo, Waropen dan Puncak Jaya.

Tujuh Kabupaten yang terima penghargaan Papua Bangkit karena berhasil meningkatkan IPM tertinggi dan penurunan angka kemiskinan serta peningkatan indeks pembangunan gender di Papua.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.,MM mengatakan musrenbang inspirasi tahun 2019 untuk menyalaraskan perencanaan Provinsi dan Kabupaten dengan mengacu pada RPJMD Papua 2018 – 2023.

“Jadi, Papua sekarang sudah jauh berbeda dari tahun sebelumnya, dimana upaya peningkatan SDM papua telah membuahkan hasil yang luar biasa dengan IPM Papua tahun 2017 mencapai 58,06 dan meningkat tahun 2018 menjadi 60,6 dengan pertumbuhan tahun 2018 sebesar 1,64 persen yang menjadi Provinsi Papua dari IPM kategori rendan menjadi sedang,” kata Klemen Tinal.

Selain itu, kata Klemen, pelaksanaan musrenbang pertama periode 2018 – 2023 ini dalam rangka meningkatkan efesiensi dan efektifitas transparansi dan akuntabilitas program pembangunan pemerintah daerah dan kita telah menurunkan dan mempresentasikan melalui e – Papua pu rencana, e – Papua online dan e – samsat.

“Masih banyak tantangan yang harus kita hadapi bagaimana mengurangi disparitas, kantong kemiskinan Papua ada di wilayah Papua tengah karena sulit akses transportasi, pelayanan kesehatan yang berkualitas khususnya bagi ibu dan bayi dan anak – anak dalam mempersiapkan generasi emas Papua,” katanya.

Oleh karena itu, kerangka pembangunan provinsi tahun 2018 – 2023 berada dalam visi papua bangkit, mandiri dan sejahtera yang berkeadilan menlanjutkan kebangkitan kemandirian kesejahteraan masyarakat Papua menjadi cita – cita bersama untuk menjawab keadilan bagi seluruh masyarakat Papua.

(BM)

Related-Area: