BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dosen Universitas Jambi Melakukan Kegiatan Edukasi Health Promoting School dalam mewujudkan sekolah sehat, di wilayah kerja Puskesmas Kasang Pudak

Berbagai macam permasalahan yang ada di sekolah merupakan latar belakang hal yang mendasari kegiatan ini. Ketua tim pengabdian masyarakat La Ode Reskiaddin, SKM.,MPH yang beranggotakan Ismi Nurwaqiah Ibnu, S.Gz.,M.Kes dan Rumita Ena Sari, SKM.,MKM memberikan sosialisasi terkait Health Promoting School agar sekolah berkomitmen untuk memulai mnerapkan sekolah sehat di sekolah masing-masing. Dalam kegiatan tersebut  di laksanakan di Balai Desa Kasang Kota Karang dihadiri oleh 34 sekolah yang meliputi kepala sekolah atau perwakilannya serta beberapa stakeholder terkait yang berada di wilayah kerja puskesmas Kasang Pudak. Tujuan pengabdian tersebut untuk meningkatakan literasi stakelder terkait sekolah sehat. Selain itu, membantu memfasilitasi sekolah mewujudkan sekolah sehat melalui penggalangan komitmen sekolah.

 

Dalam kegiatan tersebut sekolah mendukung sekolah sehat dengan menandatangani komitmen bersama dalam mewujudkan sekolah sehat. Meskipun dalam komitmen tersebut tidak semua indicator sekolah disepakati, adapaun beberapa komitmen yang disepakati diantaranya  (1) Penerapan promosi kesehatan di sekolah melalui kegiatan aksi bergizi,  literasi kesehatan dan aktivitas fisik. (2) Penerapan Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan sekolah melalui pembuatan kebijakat KTR. (3) Adanya Kerjasama dengan fasilitas Kesehatan diantaranya Puskesmas Kasang Pudak melalui perjanjian Kerjasama. Tim Pengabdian Masyarakat berharap agar semua sekolah agar dapat menerapkan komitmen yang di sepakati bersama. Selain itu, puskesmas juga dapat selalu mendampingi dan memantau sekolah.

Related-Area: