BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Festival Legu Gam 2014 Lebih Singkat

Pesta Rakyat
Festival Legu Gam 2014 Lebih Singkat

JAKARTA, KOMPAS Festival Legu Gam 2014 akan diselenggarakan lebih singkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pesta rakyat Ternate ini dilaksanakan selama tiga minggu hingga sebulan. Namun, karena tahun ini bertepatan dengan Pemilu, festival hanya digelar selama dua minggu, yaitu 13-26 April 2014.

RATU  Sultan Ternate Boki Ratu Nita Buddhi Susanty mengatakan, meski diselenggarakan lebih singkat, pihaknya tetap memberikan sesuatu yang berbeda bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung. Kali ini, akan digelar pergelaran fashion street dan gapura berbentuk Salawaku, yaitu senjata khas Maluku Utara yang pernah digunakan Pattimura saat melawan Belanda.

”Tiap tahun penyelenggaraannya selalu ada yang berbeda. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri dari Festival Legu Gam,” kata Nita yang juga menjadi Ketua Umum Legu Gam 2014, saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (27/3).

Pada tahun lalu, sekitar 2.000 lebih wisatawan menikmati festival yang saat itu menampilkan makanan khas Maluku Utara berupa Nasi Jaha sepanjang 10 kilometer. Festival yang digelar untuk ke-13 kalinya ini nanti akan menampilkan pawai obor, drama musikal, kirab budaya Nusantara, serta jelajah samudra Kie Raha, yakni napak tilas ke empat kerajaan, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuti mengatakan, festival ini tidak hanya untuk mempromosikan wisata Indonesia, tetapi juga bertujuan mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di wilayah tersebut. Salah satu yang saat ini menonjol adalah bidang mode dan seni. (A04)

 

Sumber: http://print.kompas.com/KOMPAS_ART0000000000000000005719756