BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

INPEX Salurkan Bantuan Alat Pertanian bagi Petani MTB

Wednesday, 29 July 2015
INPEX Salurkan Bantuan Alat Pertanian bagi Petani MTB

Ambon - Dukungan INPEX dalam memajukan perekonomian di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) terus dilakukan. Kali ini bantuan berupa alat tani kepada petani di kabupaten tersebut.

INPEX menyerahkan bantuan berupa satu unit hand traktor, satu unit mesin potong rumput, satu unit alat tanam biji-bijian, satu unit alat pelubang dan satu set material pembuatan paparisa (kayu, paku, bahan atap) kepada ketua kelompok tani Dalam Lese, Qwirinus Luturmele pada pertengahan Juli lalu.

Arie Nauvel Iskandar, Corporate Communication Manager INPEX dalam rilis kepada Siwalima, Selasa (28/7) menjelaskan, bantuan alat tani diberikan kepada kelompok tani Dalam Lese yang merupakan kelompok tani binaan INPEX, dari Desa Kabiarat yang dibentuk sebagai model percontohan belajar pertanian organik bagi para petani MTB lainnya.

Proses penyerahan dihadiri dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian MTB, Elvis T. Watumlawar, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura MTB, Didimus Ranolat, Camat Tanimbar Selatan, Julius Sumanik dan Pengurus maupun anggota kelompok tani Dalam Lese.

Sementara itu, Manajer Investasi Sosial INPEX, Puri Minari menjelaskan, bantuan ini juga sebagai salah satu kontribusi nyata demi peningkatan hasil pertanian di daerah MTB, sekaligus meningkatkan kualitas kesejahteraan petani kedepannya “INPEX berharap, bantuan alat-alat pertanian akan memberikan kontribusi nyata demi peningkatan hasil pertanian di daerah MTB, sekaligus meningkatkan kualitas kesejahteraan petani kedepannya,” ujar Minari.

Minari menyebutkan, bantuan ini adalah bagian dari program investasi sosial INPEX guna meningkatkan perekonomian masyarakat MTB khususnya di bidang pertanian. Program ini bertujuan, guna meningkatkan kualitas SDM petani terkait pengetahuan teknik bertani organik yang baik dan benar, serta penggunaan sarana pertanian yang tepat dan dapat dimanfaatkan guna mempercepat waktu pengolahan lahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian MTB, Elvis T. Watumlawar menjelaskan, pendampingan dan pembinaan SDM yang efektif diakui menjadi kebutuhan untuk petani MTB.

“Kurang maksimalnya pemahaman dan pembinaan dalam pengelolaan lahan membuat petani MTB kerap tidak berhasil dalam memproduksi hasil tani yang baik dan berkelanjutan. Kami berterima kasih untuk bantuan INPEX melalui rangkaian program Pertanian Organik yang secara nyata mampu meningkatkan kemampuan bertani para petani MTB dan kualitas hasil taninya yang diharapkan dapat meningkatkan produksi tani di MTB,” ujar kadis.

Untuk diketahui, selama dua tahun terakhir, INPEX telah menjalankan Program Pertanian Organik di Desa Kabiarat dan Wowonda berkerjasama dengan PEMDA MTB, LPEM UI, dan masyarakat daerah setempat. Alur pelaksanaan program yang telah dilakukan diantaranya meliputi pertemuan antar kelompok tani terkait dengan pemahaman pentingnya melakukan pertanian organik, dilanjutkan dengan pendampingan kerja cocok tani yang antara lain mengenai tata cara penggunaan bibit yang tepat untuk bertani.

Hal ini dimaksudkan, untuk mendapatkan kualitas hasil tani yang diharapkan tanpa merusak tanah sehingga kesempatan untuk produktivitas dapat meningkat.(S-27)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/inpex_salurkan_bantuan_alat_pertanian_bagi_petani_mtb#sthash.DD4gGhOC.dpuf

Related-Area: