BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Masyarakat pulau Karampuang Mamuju trauma malaria

Masyarakat pulau Karampuang Mamuju trauma malaria
Minggu, 24 Agustus 2014 06:54 WIB | 4.081 Views
Pewarta: M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA News) - Masyarakat Desa Pulau Karampuang yang terletak sekitar satu kilometer di depan Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, trauma wabah penyakit malaria.

"Masyarakat Pulau Karampuang pernah diserang wabah penyakit malaria beberapa tahun silam," kata Tokoh Masyarakat Pulau Karampuang Laasi di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan serangan wabah malaria itu banyak masyarakat meninggalkan pulau untuk mengungsi ke sejumlah wilayah Kabupaten Mamuju hingga saat ini, karena mengaku tidak tahan dengan serangan wabah itu.

Menurut dia, pulau Karampuang yang berpenduduk sekitar 2000 jiwa dengan panjang sekitar enam kilometer tersebut terserang wabah malaria, karena dulunya banyak tambak empang di daerah itu.

"Empang menjadi tempat bersarangnya nyamuk sehingga wabah malaria terjadi, Namun kini masyarakat sudah dilarang membuka empang di pulau tersebut sehingga wabah malaria tidak terjadi lagi," katanya.

Ia mengatakan empang yang dulunya dibuka masyarakat sudah berubah menjadi hutan bakau sehingga pulau tersebut semakin nampak asri terlihat.

"Masyarakat pulau Karampauang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan dan berkebun dengan menanam kelapa dan singkong yang tumbuh subur di sela-sela batu karang, itulah yang meningkatkan kesejahteraan mereka," katanya.

Pulau Karampuang, dikalangan warga Mamuju menjadi tempat rekreasi karena memiliki daya tarik yang eksotik, di pulau itu ada objek menarik yang terkenal dan kerap didatangi yaitu sumur jodoh.

Menurut cerita warga setempat, siapapun yang belum mendapat jodoh dan mendatangi sumur jodoh lalu meminum airnya sambil berniat mendapat jodoh maka dalam waktu tidak lama akan bertemu jodohnya.

(KR-MFH/J008)

Editor: Tasrief Tarmizi

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/449959/masyarakat-pulau-karampuang-mamuju-trauma-malaria

Related-Area: