BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemkab Malteng Apresiasi Operasi Bibir Sumbing

Monday, 03 August 2015
Pemkab Malteng Apresiasi Operasi Bibir Sumbing

Masohi - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengapresiasi terlaksananya kegiatan bakti sosial di Kota Masohi, Sabtu (1/8) dalam bentuk penanganan warga masya­rakat cacat sejak lahir khususnya bibir sumbing.

Kegiatan yang digagas oleh yayasan Ukhuwa dan Majelis Ta’lim gabungan Kabupaten Malteng de­ngan mendatangkan tenaga dokter spesialis bedah plastik dari bebe­rapa kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Jogyakarta dan lainnya. kegiatan itu sendiri  digelar di Rumah Sakit Umum Masohi.

“Kami mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang terlaksana saat ini, bagi kami langkah operasi warga yang cacat sejak lahir salah satunya bibir sumbing memiliki nilai sosial yang tinggi, sebab dengannya warga masyarakat yang mengalami kondisi kurang beruntung sejak lahir itu dapat kembali berbaur dalam kehidupan masyarakat secara normal, tanpa merasa malu atau minder dengan kondisi fisiknya,” jelas Bupati Malteng, Abua Tuasikal saat meninjau jalannya operasi sumbing di ruang operasi RSUD Masohi.

Dikatakan, bakti sosial dalam bentuk operasi bibir sumbing ini telah menginsipirasi Pemkab Malteng, untuk nantinya dapat melakukan berbagai kebijakan untuk dapat menangani masalah yang dihadapi  masyarakat yang kurang beruntung, terutama mereka yang memiliki kondisi cacat fisik sejak lahir.

“Kami sangat tergugah dengan kegiatan sosial seperti ini, dengan­nya mereka akan dapat hidup normal di tengah masyarakat, tanpa harus malu dengan kondisi fisiknya. Kegiatan ini telah menginspirasi kami, Olehnya kami akan mencoba mengagas kegiatam  penanganan masyarakat cacat fisik yang ada di Malteng. Kami pastikan melalui program Tabaos, kami akan melakukan pendataan masyarakat Malteng ca­cat fisik di seluruh kecamatan yang ada, sehingga dengan data yang ada pemerintah dapat segera melakukan langkah penanganan dan pember­dayaan kepada mereka,” katanya.

Bupati mengharapkan, para dokter yang sedang melakukan bakti sosial tersebut dapat membangun kerja sama dengan pemkab, sehingga pada waktunya nanti ketika pemerintah memerlukan bantuan tim dokter tersebut dalam melakukan kegiatan yang sama di wilayah Malteng.

Kepada para pasien operasi bibir sumbing yang menjalani operasi, bupati mengharapkan setelahnya nanti, mereka dapat kembali mela­kukan aktivitasnya dengan baik ditengah masyarakat, tidak perlu merasa minder terhadap masyarakat yang lain.

Sementara itu, Ketua tim dokter bakti sosial operasi bibir sumbing, Agus Santoso Budi mengungkap­kan, pihaknya sangat berbahagia dapat membantu masyarakat kurang beruntung dalam hal ini mereka yang memiliki kondisi fisik cacat sejak lahir khususnya bibir sumbing di wilayah Kabupaten Malteng.

“Kami sangat bahagia sekali dapat berbagi dengan masyarakat di Kabupaten Malteng ini. Kami me­nangani sedikitnya 30 orang lebih pasien bibir sumbing dan proses operasinya berjalan lancar dan sukses. Kami pastikan akan bekerja sama dengan pemkab jika pada waktu-waktu mendatang memb­u­tuhkan sumbangsi kami,” tanyanya sembari mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan ke­pada pemkab, Majelis Ta’lim gabu­ngan Kabupaten Malteng, serta Yayasan Ukhuwah yang telah menyambut baik pihaknya dan para dokter yang lain, sehingga dapat membantu masyarakat di wilayah tersebut lewat bakti sosial operasi bibir sumbing. (S-36)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pemkab_malteng_apresiasi_operasi_bibir_sumbing#sthash.wIT6PUfN.dpuf

Related-Area: