BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemprov Maluku Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan

Tuesday, 04 August 2015
Pemprov Maluku Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan

Ambon - Pemprov Maluku menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) tentang ‘Teknis Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Level Intermedite Bagi Pejabat Pengelola Keuangan Dilingkup pemprov Tahun 2015.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Diklat Provinsi Maluku, Senin (3/8) diikuti oleh kurang lebih 40 para kasubag keuangan dilingkup pemprov dan dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang SDM, Bram Tomasoa mewakili Gubernur Maluku.

“Diklat yang dilakukan ini haruslah dimanfaatkan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi dan pengalaman diantara para pejabat pengelola keuangan, agar harapan kita untuk terwujudnya pengelolaan keuangan dan aset daerah yang berkualitas, transparan dan akuntabel, dapat tercapai,” pinta gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Bram Tomasoa.

Dijelaskan, diklat ini haruslah dapat diikuti dengan baik oleh para peserta agar memiliki pengetahuan yang paripurna dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah. Hal ini dikarenakan, kualitas laporan keuangan sangat mempengaruhi penilaian dan pemberian opini dari institusi pengawasan atau BPK.

“Laporan keuangan Pemprov Maluku masih dapatkan opini WDP, karena itu kedepan telah ditargetkan untuk raih opini WTP sehingga, melalui diklat ini diharapkan agar kedepannya pengelolaan keuangan akan semakin baik,” ujarnya.

Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk membangun manajemen pengelolaan keuangan dan aset daerah yang baik, apalagi secara kolektif. Karena itu dibutuhkan komitmen, integritas serta profesionalisme dari seluruh aparatur pemda teristimewa para pejabat pengelola keuangan daerah, untuk terus berupaya tingkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan aset daerah yang lebih baik, yang pada gilirannya berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diklat ini merupakan bagian dari upaya peningkatan teknis bagi aparatur pemda yang merupakan satu kebutuhan yang sangat fundamental, dalam rangka menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih. (S-43)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pemprov_maluku_gelar_diklat_pengelolaan_keuangan#sthash.vuID7xka.dpuf

Related-Area: