BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pertemuan Koordinasi, Simulasi Monev, Dan Penguatan Kapasitas Pelaksanaan pada LBH APIK NTB.



Sebagai bahagian dari proses peningkatan kapasitas lembaga dimana tujuan akhirnya adalah pelaksanaan kegiatan mitra semakin baik dan berkontribusi secara maksimal untuk mencapai tujuan program maka dilakukan monitoring/mentoring secara rutin pada setiap pelaksanaan kegiatan terutama pada 6 bulan hingga 1 tahun pertama implementasi program MAMPU.

Sebagai pembelajaran bersama, diperlukan koordinasi dan pertemuan antar mitra yang didesain untuk saling berbagi pengalaman tentang strategi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sehingga dalam perencanaan dan pelaksanaan tersebut, hasil yang diharapkan dapat tercapai, sekaligus sebagai proses belajar bersama dan merekam pembelajaran-pembelajaran yang baik (coping capacity) antara sesama mitra pelaksana program MAMPU.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-7 Februari di Kantor LBH APIK dan Hotel Jayakarta Mataram, NTB. diikuti oleh semua mitra Program MAMPU LPP Bone dari Sulawesi Selatan, yayasan Arika Mahina Ambon dan LBH APIK Mataram sebagai tuan rumah. Dari BaKTI akan diikuti oleh semua tim manajemen MAMPU, Direktur Eksekutif dan Program Development Manager BaKTI. Pada kegiatan ini LBH APIK Mataram akan melaksanakan kegiatan "Pembentukan Kelompok-kelompok Konstituen", dimana semua mitra lain akan melakukan pengamatan  dengan menguji coba penerapan tools monev yang telah disusun sebelumnya pada pelatihan Monev.

Selain untuk tujuan tersebut, kegiatan ini juga akan mendiskusikan kendala-kendala pelaksanaan kegiatan yang dihadapi oleh masing-masing mitra selama triwulan I (September-Desember 2013) yang lalu. Hal ini bisa berupa kendala internal seperti pemahaman tentang SOP, sisitim koordinasi internal lembaga, dll. Bisa juga berupa faktor-faktor lain diluar sistem tersebut yang memepengaruhi pelaksanaan kegiatan. untuk memaksimalkan hasil,  kegiatan ini akan di fasilitasi oleh A. Yudha Yunus dan Kukuh B. Setiawan.

 

Related-Area: