BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Membuat Digester Bersama Geng Motor IMUT

Membuat Digester Bersama Geng Motor IMUT

Dalam cerita ini saya menulis tentang pengalaman saya bersama geng motor imut, pengalaman dimana saya mendapat pengetahuan tentang cara membuat digester dan bagaimana berternak dengan aman di lingkungan kota.

Digester sendiri merupakan teknologi ciptaan geng motor imut yang berfungsi menampung kotoran-kotoran ternak yang nantinya bisa menghasilkan gas yang aman dan berguna bagi peternak itu sendiri.

Pertama-tama dalam membuat sebuah digester, tentunya kita harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, disini kami membutuhkan 3 buah drum bekas, besi siku, alat las, pipa dan selang saluran untuk saluran gas. Dan yang pertama kami kerjakan adalah membuat penyangga dari digester tersebut. Disini saya bertugas memotong besi siku menjadi 14 bagian yang terdiri dari 6 batang untuk tiang kaki, 4 batang untuk bagian samping kiri dan kanan, dan 4 lagi untuk bagian pengait drum.

Selanjutnya tahap pemotongan drum, disini kami membutuhkan 3 drum, drum pertama di bagian atas di ptong keseluruhan, dan drum yang kedua di potong setengah bagian pada atasnya, smentara drum yang ke tiga potongannya sama seperti drum yang pertama.

Tahap selanjutnya adalah menyambung bagian-bagian yang sudah di potong sesuai ukuran yang di tentukan, untuk menyambung bagian-bagian tersebut kami menggunakan las listrik sebagai alat penyambung dan yang bertugas dalam bagian las adalak k noldy.

Setelah semua potongan selesai dilas selanjutnya tahap pendumpulan pada sambungan drum tersebut, guna dari pendumpulan tersebut adalah supaya tidak terjadi kebocoran gas pada penampung. Setelah selesai di dumpul harus di ampelas agar permukaan yang telah di dumpul menjadi rata.

Selanjutnya tahap pengecetan, penyangga yang sudah di sambung atau las, di beri flinkote agar nantinya tidak karat, “ supaya dia sonde bakarat to bu,” kata k eman pada saat mencat penyangga tersebut. Sementara drum di cat mengunakan cat avian agar memperindah tampilan drum.

Bagian terakir dalam pegerjaan digester, yaitu di bawa ke amanatun utara dan netpala untuk di instalasi. Sayangnya beta sonde sempat ikot pi pasang, b pung manyasal lae.... beta tunggu sa tapaleuk berikut :)

SALAM TAPALEUK “ WE MAKE IT REAL ”

Related-Area: 
field_vote: 
No votes yet