BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dana pendidikan untuk Sumba Timur diperbesar

"APBD tahun 2019 untuk pendidikan akan kami arahkan pada peningkatan mutu pendidikan lewat perbaikan kualitas pembelajaran dan pendukungnya"

Kupang (AntaraNews NTT) - Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, menyatakan akan memperbesar alokasi dana untuk pendidikan dalam APBD 2019.

"APBD tahun 2019 untuk pendidikan akan kami arahkan pada peningkatan mutu pendidikan lewat perbaikan kualitas pembelajaran dan pendukungnya," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Sumba Timur Ruben Nggulindima saat dihubungi dari Kupang, Jumat (20/7)

Ia menyatakan relokasi pendanaan tersebut dicapai setelah dilakukan analisis penggunaan dana fungsi pendidikan berdasarkan fokus kegiatan dan jenjang pendidikan yang diprakarsai oleh INOVASI dan dikerjakan bersama-sama dengan Tim Bappeda Bagian Keuangan dan Dinas Pendidikan.

Sumber yang dipakai untuk analisis berupa DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), SKPD Pendidikan, ringkasan APBD dan laporan Anggaran APBN yang terdapat di Kabupaten/kota.

"Temuan hasil analisis ini menjadi dasar bagi pemerintah daerah memberikan alokasi APBD dengan porsi lebih banyak untuk peningkatan mutu pendidikan, terutama yang mendukung di bidang literasi dan numerasi di tingkat dasar," ujar Ruben.

Iapun menambahkan untuk sarana prasarana tingkat pendidikan dasar, pada tahun 2018, dana yang dialokasikan mencapai Rp28,6 miliar, sedangkan untuk mutu pembelajaran siswanya hanya Rp2,5 miliar.

Oleh karena itu, pada APBD 2019 nanti untuk mutu pembelajarannya akan diperbesar menjadi Rp10 miliar. Sementara itu Provincial Education Policy Officer INOVASI untuk Sumba saat dihubungi dari Kupang mengatakan, selisihnya cukup besar dan peningkatan mutu sumber daya manusia seharusnya malah mendapatkan perhatian lebih.

Ia mengatakan pihaknya juga melihat trend alokasi dana untuk peningkatan mutu pembelajaran ini tiap tahunnya semakin menurun. Pada tahun 2016, alokasinya sebesar Rp6,1 miliar, sedangkan tahun 2017 lebih kecil yaitu Rp3,6 miliar.

"Oleh karena itu, kami bersama Pemda Sumba Timur berusaha agar pada tahun 2019 nanti alokasi dananya bisa mencukupi demi pendidikan di daerah ini," katanya menambahkan.?

Untuk diketahui, INOVASI merupakan program pendidikan kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia. Di NTT, program ini diluncurkan pada tanggal 2 November 2017 dan akan berakhir pada akhir 2019.

 

Sumber: https://kupang.antaranews.com/berita/7763/dana-pendidikan-untuk-sumba-timur-diperbesar

Related-Area: