BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pelatihan PPRG untuk Dinas PPPA Kab Belu dan Driver PUG Kab.Belu

Sejak tanggal 12-13 Juni 2017, bertempat di Aula Hotel Nusantara Dua Atambua, berlangsung kegiatan Pelatihan PPRG (Perencanaan Penganggaran Responsif Gender) bagi OPD yang diselenggarakan oleh Dinas PPPA Kabupaten Belu yang difasilitasi oleh Program MAMPU - BaKTI Makassar dan PPSE –KA. Kegiatan ini diikuti oleh 10 OPD, 25 orang peserta yang berasal dari Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Bagian Keuangan, Dinas Peternakan, Dinas TPHP dan BPBD Kab. Belu.

Selama 2 hari, peserta diberikan materi yang dibagi atas 2 sesi, sesi hari pertama materi tentang Dasar Hukum PUG, Konsep Gender, Persoalan Gender, Konsep PUG dan PPRG serta siklus Penganggaran dari Desa hingga ke tingkat nasional. Materi hari kedua, peserta dilatih membaca APBD serta melakukan analisis Gender dengan menggunakan GAP. Hasil dari pelatihan ini, 25 Perencana Program dari masing-masing OPD telah memahami tentang PPRG, kemudian ada 25 issu strategis dari masing-masing OPD yang akan dipakai sebagai bahan advokasi ke DPRD. Kegiatan ini difasilitasi oleh Misbah Hasan (Seknas FITRA) dan Humaira Husaein sebagai co-fasilitator.

Selanjutnya pada tanggal 14 dan 15 Juni 2017, bertempat di Gedung Betelalenok, Kab. Belu dilaksanakan Pelatihan PPRG (Perencanaan Penganggaran Responsif Gender) bagi Driver PUG di Kabupaten Belu. Kegiatan ini di hadiri dan di buka oleh Wakil Bupati Belu Bapak J.T Ose Luan, yang dalam kata pembukaan menyampaikan bahwa Program Pembangunan dan Penganggaran di Kabupaten Belu harus mengutamakan kesetaraan gender agar terjadi keadilan terutama dalam menyusun program bagi perempuan dan anak.

Pada kesempatan kali ini dengan difasilitasi oleh Program MAMPU, menghadirkan oleh Ibu Destri Handayani, Kasubdit Pemberdayaan Perempuan dan PUG, Kementerian PPN/Bappenas yang sekaligus juga sebagai narasumber dengan menyampaikan materi tentang Konsep Gender dan PUG dalam Pembangunan Nasional. Kegiatan ini di ikuti sebanyak 62 Orang (24 Lakilaki dan 38 Perempuan) dari 33 OPD dilingkup Pemda Belu (antara lain : dinas PPPA, Dinas Kesehatan, Disnakertrans, Bappeda, Inspektorat, Dinas Pendidikan, BP4D, Dinas PU dan Perumahaan Rakyat, Bagian Organisasi, Dinas PP dan KB dll. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan Kelembagaan PUG, melatih staff perencanaan dari OPD untuk membuat analisis gender dengan menggunakan tools GAP dan GBS, serta mempelajari dan menganalisasi APBD Kab. Belu.

 

Related-Area: