BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Program English Language Training Assistance (ELTA)

Program English Language Training Assistance (ELTA), atau program Bantuan Pelatihan Bahasa Inggris) dirancang untuk menunjang para pendaftar Beasiswa Australia Awards jenjang S2 (Master) yang memenuhi kriteria beasiswa namun memiliki tingkat kemahiran bahasa Inggris di bawah persyaratan minimal IELTS 5,0 untuk pendaftaran Australia Awards Scholarships. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di empat area keterampilan (mendengar, membaca, menulis & berbicara). Pelatihan ini juga bertujuan mengembangkan keterampilan akademik; teknik-teknik belajar mandiri yang efektif; serta meningkatkan kepercayaan diri berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik di lingkungan akademik maupun dalam konteks sosial secara lebih luas. Selain itu, pelatihan juga mencakup strategi dalam melaksanakan tes untuk mencapai nilai IELTS agar memenuhi persyaratan pendaftaran Australia Awards Scholarships fase 2021 - 2022. Pelatihan ini difasilitasi oleh para pengajar dari Indonesia Australia Language Foundation Bali (IALF, atau Yayasan Bahasa Indonesia Australia).

Program ini juga dibuka seluas-luasnya untuk pelamar dengan disabilitas. Penyesuaian akan dilakukan sehingga peserta dengan disabilitas dapat mengikuti seleksi. Apabila berhasil lolos, maka Australia Awards akan memberikan dukungan tambahan selama pelatihan berlangsung, sesuai dengan disabilitas yang dimiliki.

Pada tahun 2020 program ELTA akan diselenggarakan di 5 lokasi meliputi Jayapura, Ambon, Kupang, Mataram dan Bali. Program ELTA dibuka untuk pelamar dari provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) serta pelamar dengan disabilitas dari seluruh provinsi di Indonesia.

Materi promosi untuk program ELTA adalah sebagai berikut:

Flyer ELTA (PDF)
Flyer ELTA (Word)
Daftar pertanyaan yang sering di tanyakan (Word)
  Formulir keterangan Disabilitas 2020(wajib dilengkapi dan dikirimkan jika melamar Program ELTA untuk Disabilitas)

Cara mendaftar program ELTA 2020 adalah sebagai berikut :

Mendaftar secara online melalui tautan berikut ini: https://www.australiaawardsindonesia.org/id/ELTA2020, atau
Mendaftar secara manual atau "hard copy", silakan mengunduh berkas pendaftaran pada tautan ini kemudian mengirimkan ke alamat : Tim Seleksi ELTA IALF Bali Jl. Raya Sesetan 190 Denpasar 80223, serta cantumkan "ELTA "di pojok kiri amplop.
Pendaftran ditutup tanggal 17 April 2020, pukul 15:00 WITA (aplikasi online dan cap pos).

Sumber: https://www.australiaawardsindonesia.org/content/312/12/elta-2020?sub=true