BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Panduan Teknis Fasilitasi Perencanaan Penghidupan Berkelanjutan untuk Masyarakat Desa

Buku panduan ini adalah salah satu buku dari seri panduan yang disiapkan untuk program BangKIT (Pengembangan Penghidupan yang Inklusif di Kawasan Timur Indonesia). Sekalipun buku ini dapat berdiri sendiri sebagai modul khusus bagi desa untuk memandu proses inti dalam mengkonsepkan kegiatan yang dibutuhkan bagi pengembangan penghidupan di desa, namun dengan membaca buku lainnya dari seri ini mungkin akan bisa membantu melengkapi informasi terbatas yang dicakup dalam buku ini.


Publikasi ini adalah produk pengetahuan dari Program Pengembangan Penghidupan Masyarakat yang Inklusif di Perdesaan Kawasan Timur Indonesia (Program BangKIT) dan disusun oleh tim yang namanya tertulis pada buku ini. Publikasi ini tidak untuk diperjualbelikan dan dapat disalin dan disebarkan untuk tujuan non komersial. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai publikasi ini dapat menghubungi info@bakti.or.id

Summary: 

Dalam implementasi program BangKIT melalui pengembangan perencanaan penghidupan berkelanjutan di desa atau Village Livelihood Plans (VLP), Yayasan BaKTI memberikan dukungan tenaga Fasilitator Program yang melakukan pendampingan secara intensif di desa-desa sasaran untuk memastikan tujuan program tercapai. Fasilitator Program akan bekerja memfasilitasi berbagai proses sesuai dengan kerangka kerja program yang telah disepakati melibatkan pemerintah serta masyarakat desa. Panduan ini dapat menjadi pedoman sekaligus alat bantu teknis bagi Fasilitator Program dalam memfasilitasi seluruh tahapan proses perencanaan penghidupan berkelanjutan di desa hingga menjadi dokumen rencana penghidupan berkelanjutan desa (RPBDes) atau Village Livelihood Plans (VLP).

 

Rating: 
No votes yet